Rabu, 15 Oktober 2008

MP3 Player Berbahaya

Menikmati lagu favorit dari pemutar music digital atau MP3 player memang mengasyikkan. Akan tetapi, tahukah Anda jika aktivitas itu berlebihan, dapat menimbulkan masalah pendengaran.

Sebanyak 5% - 10% dari orang-orang yang mendengarkan music melalui MP3 player lebih dari satu jam per hari dalam setiap pekan, dengan tingkat volume tinggi, berpotensi menderita tuli permanen. Kesimpulan tersebut didapat dari studi yang dilaksanakan sekelompok ilmuwan yang melakukan penelitian atas permintaan Komisi Eropa.

Uni Eropa (UE) telah menetapkan tingkat maksimal kebisingan pemutar music digital sebesar 100 desibel.

Hasil studi para peneliti menunjukkan orang-orang yang mendengarkan music hanya selama lima jam per pekan, dengan volume di atas 89 desibel, telah melampaui batas maksimal kebisingan di tempat kerja. Orang-orang yang mendengarkan musik lebih lama daripada itu, dengan tingkat volume lebih tinggi, beresiko menderita tuli permanen selama lima tahun. (*/AFP/X-5)

Dikutip dari Surat Kabar Media Indonesia, edisi Rabu 15 Oktober 2008, No. 10124/Tahun XXXIX, Kolom Pause, Hlm 1.

1 komentar:

  1. Memang dengan berkembangnya zaman terdapat sisi positif dan juga akan muncul sisi negatifnya. Tak anyal kita sebagai konsumen kita harus pandai-pandai dalam memilih dan memilah suatu alat bantu agar tidak banyak berdampak negatif terutama bagi diri kita maupun orang lain tentunya.

    Terima kasih sobat,
    Rekanmu

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.
Semoga menjadikan lebih baik lagi dikemudian hari.