Sabtu, 21 Maret 2009

Ensiklopedia

Ilmu pengetahuan berkembang begitu pesatnya, sehingga kita kewalahan meraihnya. Seperti dikatakan "Belajarlah semenjak dibuaian hingga sampai ke liang lahat" mungkin itu yang memacu kita untuk terus belajar, belajar, dan belajar lebih banyak lagi. Untuk itu kami akan selalu berkelanjutan akan coba mengupdate ensiklopedia ini, selamat belajar.

A
Active PFC
Karakteristik satuan daya arus bolak-balik (AC) memiliki dua macam perhitungan daya (power), yaitu active dan reactive. reactive power pada PSU dapat dihasilkan dari beban yang nonlinear. Sewaktu-waktu PSU akan terbebani dengan high impulse, yang akan mempengaruhi tegangan masukan (main voltage). Dengan active PFC, high impuls reactive power ini dapat ditekan seminimal mungkin. Active PFC memungkinkan transformer PSU mengonsumsi daya secara proporsional, sesuai daya yang dibutuhkan. Di negara maju, fitur active PFC mulai direncanakan menjadi fitur wajib untuk dapat memenuhi standarisasi Energy Star.
Access Time
Waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan, dari keadaan idle (diam) hingga mendapatkan data tersebut.
ATA/133
Merupakan standar kecepatan transfer data tertinggi perangkat dengan interface PATA (pararel). Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7, Ultra-DMA/133, UDMA 6, dan lain-lain. Untuk mencapainya, dibutuhkan controller harddisk yang sudah mendukung, juga controller bus pada sisi PC (lebih tepatnya pada motherboard). Sedangkan, dalam pengembangan selanjutnya adalah ATA-8 atau ATA/ATAPI-8.
B

C
CRT
Cathode Ray Tube, jenis monitor yang menggunakan tabung besar sebagai display yang biasanya Anda temukan pada unit TV konvensional.


D
Driver atau tranducer
adalah nama lain dari speaker itu sendiri, dimana tidak termasuk boks maupun komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran tiap driver biasanya ditentukan dari diameter membran speaker dengan satuan inchi.
E
F
G
H
High Efficiensy
Efisiensi pada PSU adalah rasio perbandingan antara daya yang masuk (input power), dibandingkan dengan daya yang dihasilkan (output power). Makin tinggi rasio efisiensi, makin sedikit panas yang dilepaskan oleh PSU. Sedikit banyaknya akan mempengaruhi beban listrik, yang akan berpengaruh dengan tagihan listrik Anda. Ini juga memungkinkan tingkat kebisingan PSU lebih rendah, karena dibutuhkan pendingin yang minim dibanding PSU berefisien rendah.
I
Inkjet Printer
Unit printer atau untuk jenis unit all-in-one, yang menggunakan penembakan tinta cepat kering melalui lubang nozzle kecil dalam membentuk gambar atau karakter di kertas. Saat ini, printer inkjet menjadi standar printer untuk digunakan pada komputer personal (PC). Hal itu dikarenakan inkjet printer paper tray wadah tempat menampung kertas kosong yang akan dicetak atau juga penampung kertas yang sudah dicetak / print.
J
K
L
LCD
Liquid Crystal Display adalah jenis monitor terbaru yang menggunakan bahan cairan kristal dalam membentuk penampang display di monitor.

(disadur dari majalah PCMEDIA 04/09 hlm.62-63)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda.
Semoga menjadikan lebih baik lagi dikemudian hari.